MINI MARKET MASJID IKHLASH MART


Mukaddimah


Bismillahirrohmaanirrohiim


Assalamu ‘alaikum warahmatullaahi wa barakaatuh

IKHLASH MART Minimarket Masjid Al Ikhlash
IKHLASH MART Minimarket Masjid Al Ikhlash
IKHLASH MART Minimarket Masjid Al Ikhlash
IKHLASH MART Minimarket Masjid Al Ikhlash

Jamaah Masjid Al-Ikhlash di lingkungan Sektor I-6 BSD, yang Insya Allah di Rahmati oleh Allah SWT, pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur atas segala nikmat dan karunia-Nya terutama nikmat Islam dan Iman sehingga Allah mempertautkan tali persaudaraan kita melalui berbagai macam kegiatan di Masjid Al-Ikhlash. Selanjutnya, marilah kita sampaikan Sholawat dan Salam kepada junjungan kita, suri tauladan kita, pembawa risalah Islam, Rosulullaah Muhammad SAW. 


Kami mewakili pengurus Yayasan Masjid Al-Ikhlash merasa bersyukur, karena dapat hadir di tengah-tengah para jamaah untuk bersilaturrohim melalui media buletin ini. Kepengurusan Yayasan periode 2013-2018 telah telah berjalan satu tahun enam bulan. Sejauh ini, pengurus telah melakukan berbagai ikhtiar, seperti perbaikan pengelolaan organisasi, perbaikan sarana dan prasarana tempat ibadah baik sarana fisik maupun kegiatan-kegiatan ta’lim, peningkatan kontribusi sosial kepada jamaah melalui program pendidikan TPA, beasiswa pendidikan kepada anak yatim dhuafa dan klinik dhuafa.

Pada tahun 2014 ini, Alhamdulillah, atas partisipasi aktif seluruh jamaah dan atas izin Allah,pengurus telah menyelesaikan pembangunan gedung dakwah 3 lantai. Saat ini, gedung dakwah telah digunakan sebagai Klinik Dhuafa, TPA, sekretariat yayasan, dan Mini Market yang kami beri beri nama “IKHLASH MART”. Di antara kegiatan-kegiatan yang dilakukan di gedung dakwah ini, hanya Mini Market saja yang merupakan kegiatan baru yang dimulai sejak tanggal 22 Juni 2014. Oleh karena itu, melalui buletin edisi perdana  ini pengurus ingin memperkenalkan lebih jauh tentang IKHLASH MART kepada para jamaah.

Selain kegiatan-kegiatan yang telah ada saat ini, pengurus merencanakan untuk meningkatkan penggunaan gedung dakwah seperti pembentukan Taman Kanak-kanak, melaksanakan seminar-seminar keislaman, dan sebagainya.

Akhir kata, sebagaimana kata pepatah “Tiada Gading yang Retak”, dalam pengelolaan yang pengurus lakukan selama satu setengah tahun ini, tentu masih banyak kekurangan-kekurangan yang ada. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati, pengurus membuka pintu selebar-lebarnya atas masukan dan sumbang saran yang membangun untuk mewujudkan Masjid sebagai pusat kegiatan Jamaah. Sumbang saran dan masukan dapat disampaikan melalui website kami : www.al-ikhlashbsd.com , email: masjidalikhlash1.6@gmail.com


LATAR BELAKANG LAHIRNYA MINI MARKET IKHLASH MART

“Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk”. (QS: surat At Taubah ayat 18)

Dewasa ini, bersama-sama kita perhatikan semakin menjamurnya pembangunan masjid di lingkungan kita. Namun sayangnya, pembangunan masjid-masjid tersebut belum diikuti dengan upaya yang optimum untuk memakmurkannya yang ditandai bahwa masjid baru ramai di saat-saat tertentu seperti ketika sholat Jumat, di bulan-bulan Ramadhan dan ketika sholat Ied. Ini sangat kontras dengan di masa-masa awal perkembangan Islam, dimana masjid menjadi pusat seluruh aktivitas/kegiatan kaum muslim, baik kegiatan yang bersifat ibadah dalam hubungannya dengan Allah dan ibadah dalam hubungan sosial. yaitu, selain digunakan untuk melaksanakan sholat lima waktu, masjid juga digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan pendidikan khususnya dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter serta kegiatan lainnya termasuk ekonomi. Hal ini berarti bahwa, disamping memberikan fasilitas untuk melakukan ibadah-ibadah yang berhubungan dengan Allah SWT, masjid diharapkan juga dapat memberikan manfaat yang menunjang dalam kehidupan sehari-hari.

Bertolak dari firman Allah SWT di atas, untuk membentuk masyarakat yang Islami yang dimulai dari lingkungan masjid, maka pengurus Yayasan Masjid Al-Ikhlash tergerak untuk terus melakukan upaya-upaya dalam meningkatkan kemakmuran masjid. Dalam rangka meningkatkan kemakmuran masjid sekaligus menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan bagi umat muslim di lingkungan masjid, pengurus terus berusaha agar jamaah di lingkungan masjid memiliki hubungan/ikatan batin yang kuat dengan masjid dengan cara
menyelenggarakan berbagai jenis layanan yang menjadi kebutuhan jamaah. Sebagai realisasi dari keinginan tersebut, Yayasan Masjid Al-Ikhlash telah menyelenggarakan layanan klinik dhuafa dan Taman Pendidikan Al-Qur’an yang telah dimulai sejak beberapa tahun yang lalu. Selanjutnya, dengan telah selesainya pembangunan Gedung Dakwah di tahun 2014 ini, Yayasan Masjid Al-Ikhlash memulai layanan kepada jamaah dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari dengan mendirikan sebuah mini market yang diberi nama IKHLASH MART tepatnya pada hari Ahad 22 Juni 2014
Pengelolaan IKHLASH MART difokuskan pada pemberdayaan jamaah dengan berbasis wirausaha. Melalui pengelolaan mini market ini, diharapkan suatu saat nanti masjid Al-Ikhlash mampu menjadi "Masjid Mandiri", dalam arti dapat membiayai seluruh aktivitas dakwah yang diselenggarakan di Masjid. Mini market IKHLASH MART diharapkan dapat menjadi sarana pengembangan potensi jamaah dalam berkreativitas dan berwirausaha. Namun demikian, dalam pengelolaan ini tentunya tidak dinafikan adanya peluang kemitraan dan kerjasama dengan berbagai pihak. Dalam hal ini semangat untuk maju, semangat wirausaha jamaah dan semangat kemandirian merupakan komponen yang saling menunjang satu sama lain dalam menunjang keberhasilan IKHLASH MART
 ORIENTASI BISNIS MINI MARKET IKHLASH MART

 TARGET PASAR
Sebagaimana telah disampaikan di bagian awal, bahwa masjid seharusnya dapat memberikan manfaat kepada masyarakat di sekitar masjid. Oleh karena mini market IKHLASH MART berorientasi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi seluruh jamaah dan masyarakat sekitar masjid Al-Ikhlash meliputi semua lapisan umur (dari anak anak, remaja, dewasa dan orang tua).

Ketersediaan barang merupakan unsur yang sangat penting dalam kelangsungan usaha mini market karena pengadaan barang akan menentukan besar kecilnya laba yang diperoleh. Selain pertimbangan harga yang berpengaruh pada perolehan laba, dalam pengelolaannya, Ikhlash Mart memprioritaskan produk-produk yang telah memperoleh sertifikasi halal dari MUI serta memenuhi kebutuhan umum pasar. Disamping itu, variasi dan keragaman produk juga menjadi perhatian dalam penyediaan barang dagangan.
Dikarenakan oleh keterbatasan modal yang dimiliki oleh Yayasan di saat pembukaan Ikhlash Mart, maka dalam penyediaan barang dagangan ditempuh dengan dua mekanisme, yaitu mekanisme pembelian barang dagangan secara tunai dan mekanisme produk konsinyasi (produk titipan). Mekanisme Konsinyasi adalah mekanisme pemasaran dimana pemilik barang (Consignor) menitipkan barang dagangannya kepada pemilik toko (Consignee) yang bertindak selaku agen Pemasaran. Mekanisme konsinyasi biasanya memberikan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk pabrikan. Dalam rangka memberikan manfaat kepada seluruh jamaah, maka kesempatan konsinyasi ini diberikan kepada seluruh jamaah khususnya jamaah masjid Al-Ikhlash yang berminat untuk menitipkan produknya di IKHLASH MART dengan kesepakatan tertentu menyangkut bagi hasil atau prosentase penjualan. Melalui mekanisme konsinyasi ini diharapkan terbukanya kesempatan berinovasi bagi jamaah dan toko serta memberikan keragaman produk kepada konsumen.
OPERASIONAL DAN PERSONALIA
Pengelola Ikhlash Mart ditunjuk dan ditetapkan oleh Yayasan Masjid Al-Ikhlash dengan menerbitkan Surat Keputusan Ketua Yayasan tanggal 13 Juli 2014 yang bernomor 07/04/Kep.PGS/YMAI/2014, yang terdiri dari :

1.Direktur :     
Bp Adri Abdul Aziz
2.Wakil Direktur   :                     
Bp Muklis Badawi 
3.Manajer Operasional               
 Ibu Laylul Indrawati



Pada tanggal 27 September 2014 disusul dengan terbitnya Addendum-1 untuk melengkapi yaitu :

4.Kepala Divisi Houseware dan Logistik:
 Bp. Leko Dwi Harjono
5.Kepala Divisi Keuangan ;           
 Bp  Eriko Wistaria Dwi Anggoro
6.Kepala Divisi Pengembangan Produk dan Layanan :
 Ibu Rahmi Andarini
7.Kepala Divisi Marketing dan Promosi :             
 Ibu Dwi Winarni Kartikawati
                
Selain pengelola tersebut, untuk operasional sehari-hari, saat ini mini market IKHLASH MART memiliki 2 karyawati yang bekerja secara shift. Sampai saat ini honor/gaji hanya diberikan kepada dua orang karyawati saja (Armel dan Mila). Saat ini jam buka mini market Ikhlash Mart adalah pukul 08.00 s.d. 20.00. Untuk menjamin ketelitian, efektivitas dan efisiensi, Ikhlash Mart telah menerapkan Sistem Informasi menggunakan komputer dalam pengelolaan mini market. Tim manajemen IKHLASH MART melaporkan pengelolaan IKHLASH MART secara rutin setiap bulan ke Yayasan Masjid Al-Ikhlash.

SUMBER DANA & INVENTARIS
 IKHLASH MART
Dinamika perjalanan berkembangnya suatu masjid senantiasa di warnai oleh karakter para jamaahnya. Pemikiran yang berkeinginan untuk maju dan berkembang akan selalu mengupayakan adanya perubahan menuju ke arah yang lebih baik dengan menghendaki adanya perbaikan-perbaikan di segala aspek baik yang bersifat materi maupun spiritual. Suatu kemajuan, tidak mungkin berjalan dengan sukses tanpa didukung oleh sarana-prasarana yang memadai serta dana yang mencukupi. Sarana-prasarana yang memadai akan menjadikan semua aktivitas dapat terlaksana secara optimal serta semua kegiatan akan berjalan lebih lancar. Tanpa sarana yang mendukung

dan modal yang cukup maka kegiatan apapun akan berjalan kurang optimum.
Sejak berdiri sampai sekarang, IKHLASH MART telah melibatkan tiga sumber dana yang berperanan dalam pengembangan bisnis IKHLASH MART, PERTAMA  sumber dana dari internal Yayasan yang dipergunakan sebagai modal awal pada waktu  awal berdirinya minimarket IKHLASH MART, KEDUA infaq dari para donator  baik yang berupa  barang barang yang dibutuhkan minimarket IKHLASH MART maupun infaq dana yang dipakai untuk  pengadaan perlengkapan, KETIGA  berupa hasil aktivitas bisnis  yang dikelola di IKHLASH MART
 
Alhamdulillah, atas izin Allah SWT, saat ini inventaris dan barang dagangan yang dimiliki minimarket IKHLASH MART telah bertambah secara signifikan dibandingkan dengan di awal berdirinya. Adapun inventaris yang dimiliki tersebut antara lain adalah sebagai berikut
·          Rak 4 susun sepanjang 3 meter 1 set
·          Rak 4 susun 2 sisi sepanjang 3 meter 1 set
·          Rak 4 susun sepanjang 3 meter 1 set (sumbangan donatur)
·          Rak 4 susun sepanjang 2 meter 1 set
·          Rak Snack 4 susun 1 set
·          Rak Snack 4 susun 1 set (sumbangan donatur)
·          Lemari Pendingin/Kulkas 1 set    (sumbangan donatur)
·          Monitor Komputer 1 unit (sumbangan donatur)
·          CPU 1 unit ( sumbangan donatur)
·          Printer Struk 1 unit
·          AC 2 unit
·          Galon Vit 1 pcs (sumbangan donatur)
·          Galon Aqua 40 pcs (sumbangan donatur)
·          Meja kasir 2
·          Kursi kasir 1
·          Keranjang Belanja 5 buah
·          Egg Tray 8 buah
·          1 set Handphone dari donatur
·          Troley 1 buah
·          Jam dinding 1 buah (sumbangan donatur)



PENGEMBANGAN MINI MARKET
Selain sembako, dipertimbangkan untuk menambah variasi produk. Misalnya makanan siap santap, souvenir, roti basah, dsb. Kedepannya akan dilakukan diversifikasi terhadap produk dinamis, yaitu produk yang mengikuti musim (seasonal product). Misalnya, saat tahun ajaran baru, berarti kebutuhan akan alat sekolah naik. Apabila dekat puasa berarti kebutuhan bahan makanan meningkat, Selain melalui strategi jenis barang, perlu juga dilakukan  penyediaan kebutuhan jamaah yang bersifat non-materiil (jasa). Hal ini dapat dilakukan melalui bentuk kerjasama dengan perusahaan Laundry, perusahaan jasa pengiriman dan lain-lain. Untuk jenis layanan ini, saat ini IKHLASH MART sudah dapat memberikan layanan Laundry. Ke depannya, direncanakan akan dibuka layanan-layanan berikutnya berupa jasa pengiriman barang dan layanan loket pembayaran berbagai jenis tagihan.


HARAPAN PENGELOLA KEPADA JAMAAH
Bertolak dari tujuan yang telah kami sampaikan dan mengingat ibarat pertumbuhan manusia, pada saat ini Ikhlash Mart baru menapak fase pertumbuhan awal, sehingga peluang untuk menjadi lebih besar masih sangat terbuka. Kunci keberhasilan untuk tumbuh dan berkembang bukan hanya berada pada pengelola dan pengurus yayasan, namun peran serta para jamaah di lingkungan Ikhlash Mart sangat besar.
Oleh karena itu kami harap partisipasi aktif dari seluruh jamaah di lingkungan Masjid Al-Ikhlash, baik perannya sebagai konsumen maupun dalam memberikan sumbang saran seperti memberikan info-info produk, lokasi agen, dan jenis layanan yang dapat dijalankan oleh Ikhlash Mart.
 DIBUKA KESEMPATAN KONSINYASI/TITIP JUAL UNTUK SELURUH JAMAAH MASJID AL-IKHLASH Sektor 1.6 BSD dan sekitarnya DENGAN KESEPAKATAN SESUAI YANG BERLAKU, HUBUNGI KAMI , 021-5388907 (TELP),085772631457 ATAU EMAIL  ikhlashmart@gmail.com